KD 3.2 MENGANALISA BERBAGAI STANDART KOMUNIKASI DATA
BERBAGAI STANDART KOMUNIKASI DATA
A.Definisi Standar Komunikasi Data
  Standar komunikasi adalah protokol, protokol merupakan sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua titik komputer. Protokol dapat diterapkan pada perangkat keras, perangkat lunak atau kombinasi dari keduanya. Pada tingkatan yang terendah , protokol mendefinisikan koneksi perangkat keras.

1. Jenis Komunikasi Data :
  • Jenis Komunikasi Data melalui infrastruktur terresterial.
  • Jenis Komunikasi Data melalui satelit.
2. Komponen Komunikasi Data :
  • Pengirim
  • Penerima
  • Data/Pesan Protocol
  • Media Pengirim
 3. Sistem Komunikasi Data :
  1. Titik Ke titik ( point to point communications )
  2. Titik ke beberapa Penerima ( Multipoint Communications )
  3. Menyebar ( Broadcasting Communications )
B.Standar Organisasi Komunikasi Data
KD 3.2 MENGANALISA BERBAGAI STANDART KOMUNIKASI DATA
Organisasi Komunikasi Data

  Standar organisai adalah suatu hal penting dalam menciptakan dan pemeliharaan sebuah kompetisi dasar dari pada perangkat komunikasi dan menjadi jaminan interoperability data dalam proses komunikasi.
  • Standar organisasi internasional dalam bidang komunikasi data :
  • INTERNET ENGINEERING TASK FORCE (IETF)
KD 3.2 MENGANALISA BERBAGAI STANDART KOMUNIKASI DATA
IETF
Merupakan sebuah organisasi yang menjaring banyak pihak ( baik individu maupun organisasi ) yang tertarik dalam pengembangan jaringan komputer dan internet
  • INTERNATIONAL TELECOMMUNICATION UNION (ITU)
KD 3.2 MENGANALISA BERBAGAI STANDART KOMUNIKASI DATA
ITU
Merupakan sebuah organisasi intternasional untuk membakukan atau memastikan dan meregulasi radio internasional dan telekomunikasi, baik bidang layanan, media dan jaringan yang dipakai, sehingga jalinan telekomunikasi dapat berjalan dengan lancar.
  • INTERNATIONAL ORGANIZATION FOR STANDARIZATION (ISO)
KD 3.2 MENGANALISA BERBAGAI STANDART KOMUNIKASI DATA
ISO
ISO adalah organisasi standarisasi internasional yang bertugas membuat satndar dari berbagai bidang termasuk jaringan komunikasi data. Salah satu standar yang terkenal adalah model OSI ( Open System Interconnection )
  • AMERICAN NATIONAL STANDARS INSTITUTE (ANSI) 

KD 3.2 MENGANALISA BERBAGAI STANDART KOMUNIKASI DATA
ANSI
Sebuah kelompok yang mendefinisikan standar amerika serikat untuk industri pemrosesan informasi.
  • ELECTRONIC INDUSTRIES ASSOCITION (EIA)

KD 3.2 MENGANALISA BERBAGAI STANDART KOMUNIKASI DATA
EIA

EIA merupakan perkumpulan / asosiasi produsen perangkat komunikasi.
  • INSTITUTE OF ELECTRICAL AND ELECRONIC ENGINEERS (IEEE)
KD 3.2 MENGANALISA BERBAGAI STANDART KOMUNIKASI DATA
IEEE
IEEE adalah organisasi profesi yang membuat berbagai standar termasuk dalam bidang jaringan komunikasi data.
C.Osi Layer 
KD 3.2 MENGANALISA BERBAGAI STANDART KOMUNIKASI DATA
Osi Layer 
  Osi adalah standar komunikasi yang ada di dalam jaringan komputer itu sendiri, oleh karena itu semua alat kmunikasi saling berkomukasi melalui jaringan. Osi di buat iso tahun 1977 di eropa.

Berikut susunan komponen pada 7 Osi Layer beserta Fungsinya :
  • Application layer : berfungsi sebagai antarmuka dengan apliksi dengan fungsiolitas jaringan mengatur bagaimana aplikasi dapat mengakses jaringan dan kemudian membuat pesan-pesan kesalahan.
  • Presentation layer : berfungsi untuk mentranslasikan data yang hendak ditransmisikan oleh aplikasi kedalam format yang dapat ditransmisikan melalui jaringan.
  • Session layer : berfungsi untuk mendefinisikan bagaimana koneksi dapat dibuat dipelihara atau di hancurkan.
  • Transport layer :  berfungsi untuk memecahkan data kedalam paket-paket tersebut sehingga dapat disusun kembali pada sisi tujuan yang telah diterima.
  • Network layer : berfungsi untuk mendefinisikan alamat-alamat IP membuat header untuk paket-paket dan kemudian melakukan routing melalui internet-working dengan menggunakan router dan switch layer 3.
  • Data Link layer :  berfungsi menentukan bagaimana bit-bit data dikelompokan menjadi format yang disebut sebagai frame.
  • Physical laye : berfungsi untuk mendefinisikan media transmisi jaringan, metode pensinyalan, sinkronisasi bit, arsitektur jaringan (seperti halnya ethernet atau token ring), topologi jaringan dan pengkabelan.
D.Internet Standar
Internet Standar
  Dalam teknik jaringan komputer, internet standar (disingkat "STD") adalah spesifikasi normatif teknologi atau metologi yang berlaku ke internet. Standar internetdiciptakan dan diterbitkan oleh Internet Engineering Task Force (IETF). Internet dimulai pada tahun 1969 ketika departemen Pertahanan Amerika, U.S Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik.

E.Tiga teknologi yang yang diperlukan untuk berkomunikasi melalui jaringan telekomunikasi:

1. Transmisi
  • Transmisi adalah proses membawa informasi antar end points di dalam sistem atau jaringan.
  • Sistem transmisi yang sekarang menggunakan empat buah medium transmisi berikut : Kabel tembaga, Kabel serat optik, atau Gelombang radio.
  • Cahaya pada ruang bebas (misalnya infra merah).
  • Dalam suatu jaringan telekomunikasi, sistem transmisi digunakan untuk saling menghubungkan sentral (router).
  • Keseluruhan sistem transmisi ini disebut jaringan transmisi atau jaringan transport (transport network).
2. Switching
  • Switching adalah sistem elektronik yang dapat dipakai untuk menghubungkan jalur komunikasi. Jaringan switching adalah jaringan yang mengalokasikan sebuah sirkuit yang dedicated diantara nodes dan terminal untuk digunakan pengguna untuk berkomunikasi.
3. Signaling
  • Signaling adalah mekanisme yang memungkinkan entitas yang berada di dalam jaringan (misalnya perangkat di pelanggan, switch dsb.).
  • Untuk membentuk, mempertahankan, dan memutuskan suatu sesi di dalam jaringan.
  • Proses signaling dilaksanakan menggunakan suatu sinyal atau pesan tertentu.
  • Contoh: ketika kita mengangkat handset telepon untuk melakukan panggilan akan terdengar nada panggil (dial tone).
  • Dial tone mengindikasikan bahwa sentral telepon siap menerima informasi nomor yang dituju.

    sumber:https://homedesignhits.blogspot.com/2019/08/kd-32-menganalisa-berbagai-standart.html


Sistem Jaringan Komputer Komunikasi Data dan Komunikasi Dalam Jaringan


Sistem jaringan komputer adalah suatu sistem jaringan telekomunikasi yang dapat memungkinkan antara komputer yang satu dengan komputer yang lainnya untuk saling berkomunikasi dengan pertukaran data. Tujuan dari sistem jaringan komputer adalah untuk mencapainya tujuan, pada setiap bagian sitem jaringan komputer dapat meminta serta memberikan layanan service. Pihak yang menerima ataupun meminta layanan disebut dengan klien serta yang mengirim atau memberikan layanan disebut (server). 

Pada bagian selanjutnya kita akan membahas mengenai sistem jaringan komputer pada komunikasi data dan sistem jaringan komputer pada komunikasi jaringan:

Sistem Jaringan Komputer Komunikasi Data

Komunikasi data merupakan cara untuk dapat mengirimkan data dengan menggunakan sistem transmisi elektronik dari suatu komputer ke komputer lainnya atau dapat dikatakan dari suatu komputer ke terminal lainnya.

Komunikasi dapat diartikan sebagai cara untuk dapat menyampaikan data atau menyembarluaskan data  serta informasi sedangkan Data merupakan sebuah gambaran dari suatu kenyataan, konsep maupun instruksi dalam bentuk formal yang tentunya sesuai untuk komunikasi, interpretasi maupun proses yang dilakukan oleh manusia atau peralatan otomatis.

Tujuan dari sistem komunikasi data adalah untuk dapat menajalankan pertukaran data antara dua pihak atau lebih. Berikut ini beberapa elemen- elemen dari model komunikasi data:

1. Source
Merupakan suatu data yang dapat digunakan untuk menghasilkan data tentunya untuk ditransmisikan, contohnya computer dan pesawat telepon.

2. Transmitter
Sebuah alat yang dapat kita pakai untuk mengkonversi data yang tentunya akan dikirim menjadi suatu bentuk yang sesuai dengan suatu media transmisi yang digunakan, misalnya bentuk gelombang elektromagnetik, bentuk pulsa listrik, PCM (Pulsa Code Modulation) dan lain sebagainya. Contonya : sebuah modem mempunyai tugas untuk dapat menyalurkan suatu digital bit stream dari suatu alat yang tentunya sudah disiapkan, misalkan Personal Computer (PC) serta mentransformasikan aliran bit tersebut sebagai suatu sinyal analog yang tentunya dapat melintasi jaringan telepon.

3. Transmission System
Transmisi sistem merupakan suatu jalur transmisi tunggal ataupun jaringan transmisi kompleks yang digunakan untuk menghubungkan sistem sumber dengan sistem tujuannya, Sistem transmisi ini juga dapat berupa gelombang elektromagnetik , kabel dan lain sebagainya,

4. Receiver 
Receiver ini berguna untuk mengkonversi sinyal yang diterima menjadi data. Contohnya yaitu model yang tentunya berfungsi sebagai pesawat penerima yang tentunya akan menerima sinyal analog yang datang dari jaringan maupun yang datang dari transmisi serta mengubahnya menjadi aliran bit digital supaya dapat diterjemahkan oleh komputer atau PC.

5. Destination
Destination ini mempunyai fungsi untuk menerima data yang datang, untuk comtoh inplementasi dari destination silahkan perhatikan gambar dibawah ini:

Tugas - tugas Sistem Komunikasi Data

Tutas- tugas atau kunci yang tentunya berkaitan dengan  yang ditampilkan oleh sistem komunikasi data yaitu:
  • Transmission system utilization, menunjukan pada suatu kebutuhan untuk dapat membuat supaya pengguna fasilitas transmisi yang tentunya biasa terbagi menjadi beberapa perangkat komunikasi sehingga menjadi lebih efisien. Teknik - teknik dalam Congestion Control diperlukan untuk dapat memastikan ataupun menjamin agar suatu sistem tidak sampai kewalahan yang tentunya dibanjiri oleh permintaan yang berlebihan terhadap suatu layanan transmisi.
  • Interfacing, tentunya supaya dapat berhubungan dengan suatu perangkat harus bersifat interface dengan suatu sistem transmisi.
  • Pembangkit sinylal (Sinyal generation), tentunya sangat diperlukan jika suatu interface telah dibuat, agar terjadinya suatu proses komunikasi. Hal - hal yang tentunya berkaitan dengan sinyal, seperti bentuk serta itensitasnya tentunya harus memadai untuk dapat disebar melalui sistem transmisi serta mampu diterjemahkan sebagai data pada suatu perangkat receiver.
  • Sinkronisasi, suatu sinyal - sinyal yang tentunya tidak harus sesuai dengan suatu sistem transmisi serta reveiver, namun tentunya juga harus ada sinkronisasi antara transmitter dengan receiver.
  • Management Pertukaran (exchange management), tentunya harus dipenuhi agar terjadi komunikasi antar dua belah pihak. Apabila data dipindahkan ke dalam dua arah (direction) selama beberapa waktu, kedua ujungnya harus kerja sama.
  • Error detection and corection, tentunya kita memerlukannya agar suatu kesalahan seperti terjadinya error, dimana sinyal- sinyal transmisinya dapat mengalami suatu perubahan dalam tingkat tertentu sebelum mencapai suatu tujuan dapat diatasi.
  • Flow Control, merupakan suatu bagian yang tentunya sangat diperlukan untuk dapat memastikan bahwa suatu sumber tidak dapat membanjir tujuan dengan suatu kiriman data lebih cepat tentunya dari data yang diproses ataupun yang diserap.
  • Addresing, merupakan sumber yang tentunya harus menunjukkan identitas suatu tujuan yang dimaksud.
  • Routing, merupakan rute khusus untuk dapat melewati jaringan ini juga harus dapat ditentukan.
  • Recovery (pemulihan), tentunya sangat diperlukan ketika pada saat proses pertukaran informasi, misalkannya suatu transfer file atau suatu transaksi database ditemukan terjadi kegagalan didalam sistemnya, dapat diperbaiki serta dipulihkan kondisi sistemnya kembali ke dalam keadaan semua pada suatu awal proses pertukaran informasi.
  • Message Formatting, tentunya berkaitan dengan kesepakatan dua belah pihak saat data dipindahkan ataupun ditransmisikan , seperti kode biner atau karakter lainnya.
  • Security (pengamanan), merupakan suatu tindakan pengamanan dalam sistem komunikasi data
  • Network management (manajemen jaringan). untuk dapat membentuk ataupun menyusun sistem, bereaksi terhadap suatu kegagalan atau overload , memonitor status, serta untuk merencanakan secara cermat pada perkembangan selanjutnya.

Jaringan Komputer

Merupakan suatu komunikasi yang paling sederhana ialah komunikasi data yang terjadi diantara dua perangkat yang tentunya berhubungan langsung dengan beberpa medium dalam transmisi dalam cara point to point , pada point to point ini tentunya tidak praktis dikarenakan beberapa hal tersebut:
  1. Perangakat - perangkat pada saat ini tentunya terpisah terlalu jauh 
  2. Adanya suatu seraikaian perangkat dimana masing- masing memerlukan link ke yang lain tentunya pada waktu yang berbeda - beda.
Untuk dapat mengatasi permasalahakan yang timbul dari akibat point - point adalah dengan menerapkan masing - masing perangkat kedalam sebuah jaringan komunikasi, silahkan perhatikan gambar dibawah ini:

Mode Komunikasi 

Dalam telekomunikasi serta jaringan komputer, tentunya dikenal dengan istilah kanal komunikasi. Kanal inilah yang berrfungsi sebagai mengacu kepada suatu media transmisi secara fisik seperti halnya kabel. sebuah kanal ini digunakan untuk dapat melewati sebuah sinyal informasi, seperti sebuah rangkaian bit -bit digital, dari suatu pengeirim atau beberpa pengirim ataupun transmitter ke satu ataupun beberapa receiver (penerima).

Terkait dengan suatu hal tersebut, tentunya kanal komunikasi ini dapat dibagi menjadi 3 bagian yaitu:

1. Simplex
Pada komunikasi simplex ini mengacu kepada komunikasi yang terjadi hanya kepada satu arah saja. Pada sistem ini juga bekerja dengan cara broadcash, dimana pada suatu penerima tidak lagi memerlukan mengiriman data ke broadcashter atau transmitter.

contoh pernerapan komunikasi simplex ini adalah televisi, radio, coba perhatikan gambar dibawah ini:
 2. Half Duplex
Hal duplex ini merupakan penyedia komunikasi dalam 2 arah, tetapi hanya bisa satu arah per satu waktunya. dengan hal tersebut dapat dikatakan tidak dapat secara bersamaan. Bila salah satu pilik menerima sinyal, maka tentunya kita harus menunggu sampai tranmitternya berhenti untuk mengirimkan sinyal, sebelum menjawab dari sinyal tersebut.

Contoh penerapan dari sinyal Half Duplex adalah walkie talkie.
3. Full Duplex
 Merupakan sistem full duplex ata dapat kita katakan double duplex, yang dapat mengijinkan komunikasi dalam dua arah tetapi tentunya jelas berbeda dengan half duplex, full duplex dapat mengijinkan komunikasi pada dua arah dalam satu waktu saja.

Contoh penerapan dari sinyal Full Duplex adalah telepon, komputer, Ethernet.

Mode Transmisi Komunikasi

Mode trasnmisi ini dapat berhubungan dengan cara bagaimana data tersebut dapat dikimrikan dalam kanal komunikasi. Pada mode ini dibagi menjadi:

1. Transmisi Paralel
Pada transmisi ini dapat mengirimkan digit- digit biner ataupun bit- bit secara bersamaan. Tentunya banyak digit yang dapat dikirimkan akan bergantung kepada jumlah suatu kanal transmisi yang disediakan. Contohnya, pada sebuah kanal 8 bit parallel tentunya akan mampu mengirimkan 8 bit pada saat bersamaan atau  byte dalam kurun satu waktu. Silahkan perhatikan gambar skema dibawah ini.
2. Transmisi Serial
Transmisi serial ini merupakan suatu proses pengiriman suatu data dalam satu bit per satu waktu tentunya secara berurutan atau skuensial melewati bus komputer ataupun kanal komunikasi. Berbeda halnya dengan transmisi paralel dimana beberapa bit akan dikirimkan kepada semua pada sebuah link dengan beberapa kanal parallel.

Pada transmisi serial juga digunakan untuk komunikasi jarak jauh serta sebagian besarnya yaitu jaringan komputer. Hal tersebut tertunya sangat berkaitan dengan biaya kabel serta proses singkronisasi yang sangat sulit dengan menggunakan trasnmisi paralel. Silahkan teman - teman dapat perhatikan skema gambar dibawah ini:
Pada pembahasan selanjutnya kita akan mempelajari mengenai komukasi dalam jaringan, silahkan teman - teman pahami pembahasan dibawah ini:

Sistem Jaringan Komputer Komunikasi Dalam Jaringan

Istilah komunikasi jaringan tersebut tentunya mengacu kepada , menulis, membaca serta berkomunikasi melalui ataupun menggunakan jaringan komputer. Komunikasi dalam jaringan ini merupakan suatu cara berkomunikasi dimana penyampaian serta penerimaan pesannya dapat dilakukan dengan ataupun dapat melalui jaringan internet. Komunikasi yang tentunya terjadi pada dunia semuanya itu dapat disebut dengan dunia maya atau cyberspace.

Komunikasi dalam jaringan ini dimulai pertama kali pada tahun 1960, pada sebuah universitas bernama universitas of hawali yang tentunya memiliki daerah yang luas serta berkeinginan untuk dapat menghubungkan komputer- komputer yang letaknya tersebar didalam kampus tersebut. Kemudian Universitas of Hawali itu mengembangkan suatu teknologi internet (perangkat komunikasi pada sebuah komputer) diberi nama dengan nama "ALOHA". Dalam suatu Ethernet tersebut ditanam sebuah software atau perangkat lunak yang tentu didalamnya terdapat sebut protocol yang pada masa itu disebut dengan sebutan "ARPANET", yang diperkenalkan pada tahun 1969. ARPANET sendiri pada masa sekarang sudah sangat berkembang dan berubah namanya menjadi internet yang bersal dari kata Interconection Network. Penggunaan dari  komunikasi dalam suatu jaringan pada lingkup dunia pendidikan ataupun pembelajaran pertama kali di tahun 1980-an dengan ditandai pengenalan komputer sebagai suatu media pendidikan serta pertengahan tahun 1990 ditandai dengan munculnya istilah word wide web.

1. Jenis Komunikasi Jaringan

  • Komunikasi Daring Sinkron (serempak), komunikasi daring sinkron ini merupakan suatu komunikasi yang menggunakan komputer sebagai medianya, yang tentunya terjadi secara serempak, waktu nya secara langsung (realtime). Contoh pada komunikasi sinkron antara lain adalah : FaceTime, Google+ Hangouts serta Skype.
  • Komunikasi Daring Asinkron (tidak serempak), merupakan suatu komunikasi menggunakan perangkat komputer serta dilakukan dengan cara tertunda. Contoh untuk komunikasi daring Asinkron ini adalah: email forum, membaca atau menulis  dokumen melaui WWW atau word wide web serta rekaman simulasi visual.

2. Fungsi Komunikasi 

  1. Sebagai informasi, Komunikasi tentunya dapat membantu dalam proses penyampaian suatu informasi yang diperlukan oleh individu ataupun kelompok untuk dapat mengambil suatu keputusan dengan meneruskan data serta nilai pilihan- pilihan alternatif.
  2. Sebagi kendali, dikatakan seperti itu karena komunikasi tentunya dapat bertindak untuk dapat mengendalikan suatu perilaku anggota dalam beberapa cara, tentunya setiap organisasi mempunyai wewenang serta garis panduan formal yang harus dipatuhi oleh seriap karyawannya.
  3. Sebagai motivasi, komunikasi ini tentunya digunakan untuk dapat membantu perkembangan motivasi dengan menjelaskan kepada karyawannya apa yang harus dilakukan serta bagaimana mereka bekerja dengan baik dan apa yang tentunya dapat dikerjakan untuk bisa memperbaiki suatu kinerja jika hal itu dibawah dari standarnya.
  4. Pengungka emosional, Tentunya dalam sebagian komunitas, meraka memerlukan suatu interaksi sosial, komunikasi yang dapat terjadi dalam suatu komunitas ini adalah suatu cara anggota untuk dapat menunjukan kekecewaan serta rasa puas. Oleh karena itulah, komunikasi dapat menyiarkan suatu ungkapan emosional dari suatu perasaan serta sebagai alat untuk dapat memenuhi kebutuhan sosial.

3. Komponen- Komponen Pendukung

Ada beberapa komponen yang tentunya harus tersedia sebelum dapat melakukan komunikasi daring, pada komponen- komponen tersebut daapat dikelompokkan kedalam 3 bagian sebagai berikut:
  1. Komponen perangkat keras (hardware), Perangkat ini merupakan perangkat fisik yang bentuknya dapat dilihat serta diraba oleh manusia secara langsung atau dapat dikatakan berbentuk nyata. Contoh dari perangkat keras yang tentunya diperlukan untuk dapat melakukan suatu komunikasi dalam jaringan yaitu komputer, microphone, headet, serta perangkat yang dapat mendukung koneksi internet.
  2. Komponen Perangkat lunak (software), merupak sebuah perogram komputer yang tentunya dapat digunakan untuk menjalankan suatu pekerjaan yang dibutuhkan atau dikehendaki. Suatu program diperlukan sebagai penjembatan antara akal manusia (brainware) dengan perangkat keras (hardware). Program yang dapat digunakan dalam pelaksaan komunikasi dalam jaringan adalah: webconference, skype, google+ hangouts dan lain sebagainya.
  3. Komponen Akal (brainware), tentunya termasuk kedalam suatu komponen itu merupakan manusia yang terlibat kedalam penggunaan serta suatu pengaturan perangkat lunak ataupun perangkat keras untuk dapat melaksanakan suatu komunikasi dalam jaringan.
4. Kelebihan Komunikasi Daring
  1. Menghemat waktu atau efisiensi waktu
  2. Menghemat biata atau efisiensi biaya
  3. Tentunya dapat dilakukan dimana saja
  4. Dapat kita kerjakan kapan saja
  5. Tentunya untuk memperdalam ilmu dalam bidang TIK
  6. Dapat meningkatkan itensitas untuk berkomunikasi
  7. Untuk dapat meningkatkan partisipasi
5. Kekurangan Komunikasi Daring
  1. Penggunaan daring ini tidak dapat mewakili emosi para penggunanya.
  2. Tentunya untuk dapat menjalankan komunikasi daring harus memerlukan perangkat khusus.
  3. Komunikasi daring ini tentunya harus terhubung dengan internet.
  4. Sangat menguras konsentrasi
  5. Tentunya terlalu banyk informasi yang tidak penting untuk diketahui atau diinformasikan.
Mungkin sekian pembahasan pada artikel ini mengenai Komunikasi data dan komunikasi jaringan, semoga teman - teman dapata memahami apa yang admin sampaikan dengan baik. 

Sumber :  https://www.forumkoding.com/2020/04/sistem-jaringan-komputer-komunikasi.html
=============================================================

Tugas :
1. Membuat Presentasi dari materi di atas !
2. Mengerjakan Soal di bawah ini di file presntasi!

Keterangan:
# Bagi yang sudah selesai File bisa di kirim ke e-mail ==> eko.arrohmah@gmail.com
# Konfirmasi Tugas Selesai ke No.Tlp/WA 0822 3399 4581

=============================================================

LATIHAN SOAL : 
1.  Proses pengiriman dan penerimaan data dari 2 device atau lebih yang terhubung dalam 1 jaringan.Kalimat tersebut  merupakan pengertian dari…
A. Komunikasi Data
B. DCCU       
C. Sinkronisasi           
D. Destination
E. Transmitter


2. Gambar diatas merupakan bagan dari…
A. Transmission System         
B. Komunikasi Suara 
C. Sinkronisasi           
D. Komunikasi Data
E. Transmitter

3. Sebutkan macam-macam System Transmisi !
A. Transmission System, Radio, dan PC.      
B. Simplex Trasmission, Half Duplex  Transmission, dan Full Duplex Transmission.  
C. Sinkronisasi, Asinkkron, dan DTE.           
D. Komunikasi Data, Komunikasi Suara, dan  Komunikasi Gambar.
E. Transmitter, Source, dan Destinatin.

4. Sebutkan Ragam Komunikasi…
A. Suara (audio),Komunikasi Audio-Video, dan Komunikasi Data.
B. Komunikasi Suara, Sinkronisasi, dan Komunikasi Data   
C. Packet Switching, Thoughput, dan Bandwidge   
D. Radio, Ht , dan Handphne.
E. Transmitter, Dccu, dan Resolution.

5. Sebutkan jenis-jenis TCP!
A.Transmission System, Sinkronisasi, dan OSI.        
B. Komunikasi Suara, Data, dan Gambvar.   
C. SMTP, FTP, dan Telnet.
D. Komunikasi Data
E. Transmitter, Router,  dan IP.

6. Apakah yang dimaksud dengan protocol…
A. Aturan-aturan Komunikasi Data          
B. Kumpulan aturan   
C. Model Komunikasi Dara   
D. Model Data Bus
C. Konversi sandi dari data

7. OSI merupakan aturan-aturan komunikasi data yang dibuat oleh…
A. ARPA       
B. OSIO         
C. ISO           
D. ARPANET
E. TELMRT

8. Pengertian TCP/IP adalah...
A. Aturan-aturan komunikasi data yang dibuat oleh ARPA      
B. Aturan-aturan komunikasi data yang dibuat oleh ARPANA 
C. Aturan-aturan komunikasi data yang dibuat oleh ARPANET     
D. Aturan-aturan komunikasi data yang dibuat oleh ISO
E. Aturan-aturan komunikasi data yang dibuat oleh OSI

9. Apakah kepanjangan dari OSI…
A. Open System Intwernal    
B. Output Saluran Indor        
C. Open Sistem Interconection
D. Operating System Internal
E. Open System Interconection

10.  Sebutkan model lapis Komunikasi Data yang diurukan dari bawah!
A. Session, Physical, Data Link, Network, Transport, Presentation, dan Aplication Layer.
B. Physical, Data Link, Network, Transport, Session, Presentation, dan Aplication Layer.    
C. Physical, Data Link, Transport, Session, Presentation, Network, dan Aplication Layer. 
D. Physical, Transport, Data Link, Network, Session, Presentation, dan Aplication Layer.
E. Data Link, Physical, Network, Transport, Session, Presentation, dan  Aplication Layer.

11.  Berikut yang merupakan pengertian dari Throughput adalah…
A. Bandwidth yang opini pada suatu waktu tertentu           
B. Bandwidth yang agak sebenarnya (aktual) pada suatu waktu tertentu
C. Bandwidth yang sebenarnya (aktual) pada suatu waktu tertentu     
D. Bandwidth yang  tidak sebenarnya pada suatu waktu tertentu
E. Bandwidth yang sebenarnya (Realio) pada suatu waktu tertentu

12.  Luas atau lebar frekuensi (tekanan frekuensi) pada komunikasi data. Peryataan tersebut merupakan  pengertian dari…
A. Bandwidth           
B. Kecepatan 
C. Tekanan Frekuensi
D. Bus
E. Byte

13.  FTP kependekan dari..
A. File Transfer Protokol    
B. Fixed Transfer Protokol    
C. File Telnet Processing       
D. File Terminal Protokol
E. File Transpot Protokol

14.  WWW merupakan singkatan dari…
A. Wide Web World  
B. Web World Wide  
C. Wen World Web   
D. World Web Wide
E. World Wide Web

15.  Suatu cara yang mudah, murah, dan cepat untuk mentransfer file data dari serverinternet ke computer atau sebaliknya. Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari…
A. Chipset      
B. Transfer Data        
C. Komuikasi Data    
D. FTP
E. Server

16.  SMS adalah fasilitas pengirian pesan dari internet ke handphone, SMS ini tidak bisa dilakukan secara…
A. 1 arah        
B. 5 arah         
C. beberapa arah        
D. 3 arah
E. 2 arah

17.  Filezilla merupakan program aplikasi jaringan yang berguna untuk transfer via protocol FTP di…
A. Komunikasi Data  
B. Komputer atau Internet 
C. Jaringan     
D. File
E. Server

18.  Site Manager merupakan salah satu fitur utama dari..
A. CuteFTP    
B. Data Base  
C. FTP
D. Filezilla
E. Komputer

19.  Fungsi dari CuteFTP adalah…
A. Untuk mentransfer file antara computer Anda dengan server FTP.
B. Untuk erhubungan dengan FTP.   
C. Untuk bisa connect internet.         
D. Mentransfer data.
E. Untuk membackup data.

20.  Aplikasi yang lisensinya gratis dan terbuka disebut…
A. Open Source        
B. Open Aplication    
C. Open Data Communication          
D. Open Networking
E. Open Lisensi

21.  Pengertian dari SLJJ  dan SLI adalah…
A. Saluran Jaringan Jauh dan Saluran Lingkup Indonesia Intenasional
B. Saluran Jaringan Luas dan Saluran Luas Indonesia          
C. Saluran Jarak Jauh dan Saluran Internasional           
D. Saluran Jauh-jauh dan Saluran
E. Saluran Jauh Sekali dan Dekat Sekali

22.  Teknologi VOIP adalah…
A. Cara berkomunikasi suara (voice) melalui jaringan internet, sehingga  komunikasi jarak jauh SLJJ  maupun SLJ dapat dilakukan  dengan biaya local.    
B. Teknologi komunikasi data dari STI.        
C.Teknologi Tranfer data komunikasi.          
D. Teknolodi untu komunikasi suara.
E. Teknologi untuk computer sekarang.

23.  Salah satu keuntungan VOIP untuk sebuah perusahaan adalah…
A. Lebih mudah menggunakannya.   
B. Teknologinya baru, jadi perusahaanya bisa dibilang update. sambungan langsung jarak jauh, jadi tidak diperlukan tambahan biaya bulanan untuk komunikasi suara.
C. Bisa digunakan untuk SMS karyawan.     
D. Biayanya lebih rendak untuk  sambungan langsung jarak jauh, jadi tidak diperlukan tambahan biaya bulanan untuk komunikasi suara.
E. Biayanya lebih rendah untuk

24.  Beberapa alasan orang untuk menggunakn e-mail adalah…
A. Mungil, murah, dan cepat.
B. Mudah, maal, dan cepat.   
C. Mudah, murah, dan cacat. 
D. Mudah, murah, dan cepat.
E. Mudah, murah, dan cerdas.

25.  Jenis aplikasi E-Mail Berbasis Windows ada beberapa macam diantaranya…
A.Netscape Mail dan Minrosoft Outlock Outlocking           
B. Netscapet Mail dan Microsoft
C. Netscape Mail dan Microsoft Outlock   
D. Netascape Mail dan Microsoft Outlock
E. Netscape Mailist dan Microsoft Outlock

26.  TCP/IP dibagi menjadi 4 layer yaitu…
A. Layer Routing, Layer Transport, Layer Internerwork, dan Layer Network Interface.    
B. Layer Aplikasi, Layer Transport, Layer Internerwork, dan Layer Network Interface.     
C. Layer Aplikasi, Layer Transport, Layer Internerwork, dan Layer sesi Interface. 
D. Layer Aplikasi, Layer Transfer, Layer Internerwork, dan Layer Network Interface.
E. Layer Aplikasi, Layer Transport, Layer Internerwork, dan Layer Network Internal.

27.  Dari OSI layer yang digunakan untuk proses routing adalah…
A. Network Layer    
B. Aplication Layer   
C. Data Link Layer    
D. Session Layer
E. Physical Layer

28. Kumpulan dari fakta atau simbol merupakan pengertian...
A. Komunikasi
B. Data
C. Informasi
D. Komunikasi Data
E. Himpunan

29. Sekumpulan data yang sudah diolah menjadi data yang lebih valid, pengertian...
A. Komunikasi           
B. Data
C. Informasi
D. Komunikasi Data
E. Fakta

30. Tugas dari DTE (Data Terminal Equipment) adalah...
A. Melakukan konversi sandi    
B. Melakukan pengujian kesalahan
C. Mengatur masuk-keluarnya informasi/data     
D. Mengatur error recovery
E. Menyalurkan data antar lokasi

.: Selamat mengerjakan :.